10 Bagian Utama Transmisi pada Mobil

Berikut bagian-bagian utama pada transmisi, yakni:
Sistem transmisi pada mobil berfungsi sebagai mekanisme untuk mentransfer tenaga mesin ke roda jalan, sehingga mendorong kendaraan ke depan. Dalam proses ini, mesin menghasilkan tenaga untuk menggerakkan roda sehingga diperlukan adanya sambungan antara mesin dan sistem transmisi.
1. Poros Masukan/Input Shaft:
Ini bertanggung jawab untuk mentransfer penggerak dari mesin kendaraan dengan asumsi diaktifkan melalui sistem kopling ke dalam gearbox.
2. Gigi Idler/Idler Gear:
Roda gigi idler adalah roda gigi yang ditempatkan di antara poros masukan dan keluaran dalam kotak roda gigi untuk mentransfer gerak dan mengubah arah putaran.
3. Garpu Pergeseran/Shift Fork:
Garpu pemindah gigi adalah komponen berbentuk Y dalam transmisi yang memungkinkan gigi untuk diaktifkan dan dilepaskan. Letaknya pada poros utama transmisi di antara roda gigi.
4. Batang Pergeseran/Shift Rod:
Shift rod atau disebut juga gear shift rod atau gear shift handle merupakan salah satu komponen pada mobil yang menghubungkan tuas pemindah gigi dengan transmisi.
5. Poros Keluaran/Output Shaft:
Poros keluaran adalah komponen pada gearbox kendaraan yang mentransfer tenaga dari mesin ke roda.
6. Roda Gigi Transmisi/Transmission Gears:
Roda gigi adalah sejenis elemen mesin yang gigi-giginya dipotong mengelilingi permukaan silinder atau kerucut dengan jarak yang sama.
7. Tongkat Pergeseran/Stick Shift:
Stick shift, disebut juga transmisi manual, merupakan jenis transmisi kendaraan yang mengharuskan pengemudi mengganti persneling secara manual menggunakan tongkat persneling dan pedal kopling.
8. Kasus Transmisi/Transmission Case:
Kotak transmisi, juga dikenal sebagai kotak transfer, adalah kotak roda gigi yang memindahkan tenaga dari transmisi kendaraan ke porosnya.
9. Perumahan Ekstensi/Extension Housing:
Rumah ekstensi pada kotak roda gigi adalah bagian dari rumah transmisi yang berisi roda gigi penghubung tambahan. Rumah ekstensi dihubungkan ke rumah utama melalui pelat perantara yang memiliki lubang untuk menghubungkan kedua rumah.
10. Counter Gear dan Poros/Counter Gear and Shaft:
Poros penghitung dan roda gigi penghitung adalah bagian dari kotak roda gigi yang menyalurkan tenaga dan gerak dari poros utama ke bagian lain pada kendaraan. Semoga bermanfaat.