Tips Terbaik Dalam Menangani Kesalahan Dalam Perusahaan Anda

Semua karyawan pada akhirnya akan melakukan kesalahan, ketika melakukan kesalahan yang dibuat, akan ada konsekuensinya. Namun, tanggapan anda terhadap situasi tersebut, sebagai manajer dan pemimpin, akan menentukan tindakan apa yang diambil untuk karyawan.
Berikut tips terbaik untuk membantu dan memastikan bahwa anda menangani situasi dengan cara yang cukup efektif:
*Analisis situasinya
Seberapa besar kesalahannya? Apakah itu salah satu yang seharusnya tidak dibuat tetapi bisa diperbaiki? Atau apakah itu merugikan perusahaan anda hingga biayanya sangat besar? Dalam hal ini, kedua situasi ini akan mempunyai tindakan yang sangat berbeda.
* Pahami karyawannya
Apakah karyawan ini pernah melakukan kesalahan seperti ini di masa lalu? Apakah ini kebiasaan atau hanya masalah satu kali? Memberitahu mereka mengenai apa yang terjadi dan mengapa itu terjadi akan memberi anda wawasan yang bermanfaat. Mungkin mereka memiliki keadaan darurat keluarga yang menunda permainan mereka atau mungkin mereka hanya mempunyai etos kerja yang buruk.
* Merujuk pada budaya perusahaan bila sudah ada
Dengan membahas spektrum konsekuensi, atau semua reaksi yang bisa diambil oleh seorang manajer. Bila seseorang telah melakukan kesalahan serupa di masa lalu, bagaimana reaksi manajer lain?
* Memahami tipe pemimpin seperti apa anda dan apa yang ingin di capai
Apakah anda mau karyawan takut pada anda atau ingin mendorong mereka dan mendukung tindakan mereka? Apakah anda mau menjadi pemimpin mereka, teman mereka atau keduanya?
* Buat daftar mental dari semua pilihan anda dan dampaknya
Anda memilih untuk mengabaikan kesalahan itu bersama-sama, tetapi itu mungkin menyebabkan ketidak berdayaan. Anda bisa secara terbuka memanggil karyawan tersebut, namun itu mungkin merusak kepercayaan diri mereka. Anda bisa mempunyai aturan dan bisa mendiskusikan situasi dengan karyawan anda, bisa memanggil di rapat grup atau kombinasi dari semua pilihan tersebut.
* Pilih opsi yang menurut anda paling percaya diri
Pikirkan apa dampaknya dan bagaimana anda mau perusahaan anda terlihat. Buatlah keputusan yang paling masuk akal. Terkadang, itu tidak selalu yang terbaik pada karyawan namun mungkin tindakan yang perlu diambil untuk kebaikan perusahaan.
* Tindak lanjuti tindakan anda
Meskipun mungkin sulit, jangan terombang-ambing dalam implementasinya. Bila rencana perusahaan anda saat ini untuk menangani kesalahan bukanlah yang mendorong pembelajaran atau pertumbuhan, mungkin telah waktunya untuk memperbarui strategi.
Pertimbangkan untuk membuat janji dengan pelatih bisnis untuk melihat bagaimana mengubah budaya perusahaan supaya bisa bermanfaat. Proses mungkin membutuhkan perubahan kecil atau perbaikan total dari tindakan saat ini. Seorang pelatih bisnis akan bisa memberi tahu anda langkah-langkah yang harus diambil serta menjelaskan efek keseluruhannya pada perusahaan tersebut.